18 Januari 2010

[ID-BIZ] Ditjen BC Siap Beroperasi 24 Jam di 4 Pelabuhan


Oleh : Raydion Subiantoro

JAKARTA (Bisnis.com): Ditjen Bea dan Cukai menyatakan siap melayani jasa kepabeanan selama 24 jam di empat pelabuhan utama, yakni Tanjung Priok (Jakarta), Makassar, Belawan (Medan), dan Tanjung Perak (Surabaya).

Dirjen Bea dan Cukai Thomas Sugijata mengatakan instansinya telah melakukan uji coba pelayanan kepabeanan 24 jam di Pelabuhan Tanjung Priok, yang merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia.

Pelayanan tersebut mencakup administrasi kepabeanan dan operasional, a.l. pemeriksaan peti kemas (behandle) dan pemindahan lokasi penumpukan (overbrengen).

"Kami sudah melakukan uji coba pelayanan 24 jam pada 16 Januari 2010. Ditjen Bea dan Cukai akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam mewujudkan operasional pelabuhan 24 jam," tuturnya hari ini.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi sebelumnya mengatakan operator pelabuhan telah siap untuk menerapkan operasional 24 jam di pelabuhan.

"Kemenhub telah siap untuk mewujudkan operasional 24 jam. Begitu juga dengan PT Pelabuhan Indonesia. Memang masih ada yang harus dikoordinasikan dengan Ditjen Bea dan Cukai, tapi saya fikir akan beres saat program kerja 100 hari selesai," katanya.(er)

Sumber : Bisnis Indonesia, 18.01.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar