29 April 2010

[ID-BIZ] "Goodyear" Modernkan Pabrik Senilai US$ 50 Juta

Oleh: Siti Munawaroh

BOGOR (Bisnis.com): PT Goodyear Indonesia Tbk, telah merealisasikan investasi lebih dari US$50 juta untuk memodernisasi fasilitas pabrik dan meningkatkan kapasitas radial 65%, selama 2 tahun terakhir.

Pierre E. Cohade, Presiden Goodyear Asia Pasifik mengatakan perusahaan memiliki komitmen yang sangat tinggi kepada Indonesia, hal ini terbukti dengan penambahan investasi sebesar US$23 juta dari rencana investasi awal di 2007.

"Goodyear akan terus kontinu investasi di Indonesia. Pabrik Goodyear di Bogor ini adalah salah satu pabrik yang paling kompetitif di antara pabrik-pabrik Goodyear di seluruh dunia," katanya dalam peresmian perluasan pabrik dan perayaan 75 tahun Goodyear di Bogor, Jawa Barat, hari ini.

Investasi Goodyear di Tanah Air telah mendorong pertambahan produksi ban radial sebesar 65% dan peningkatan produksi cross-ply/bias tires yang juga meningkat secara progresif. Hal ini menempatkan Goodyear pada posisi yang lebih baik dalam memenuhi meningkatnya permintaan pasar domestik dan permintaan global.

Pada tahun ini, Goodyear menargetkan peningkatan penjualan ban bagi mobil baru sebesar 15,2% dan penggantian ban 7,1%-10,3%. Perusahaan juga meningkatkan mixing and spiral overlay equipment untuk memenuhi permintaan global terhadap ban yang berkualitas tinggi.

Cohade melanjutkan, selain komitmen investasi pada teknologi dan inovasi produk, perusahaan juga akan meningkatkan kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama 75 tahun dengan masyarakat di sekitarnya.

Iriawan Ibarat, Presdir PT Goodyear Indonesia Tbk menjelaskan pabrik Goodyear di Bogor memproduksi rangkaian produk ban untuk domestik dan ekspor, dimana sebanyak 52 negara telah menjadi pasar ekspor produk Goodyear.

Selain itu, ban Goodyear buatan lokal juga dimanfaatkan untuk sejumlah produsen mobil seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Mercedes-Benz, dan lainnya.

"Saat ini kami memiliki 1.166 tenaga kerja. Kami menunjukkan kepemimpinan di industri ban nasional sebagai perusahaan ban pertama yang meraih penghargaan ISO 9002, Superbrand, Toyota Quality Target dan Zero Deffect. Penghargaan tertinggi Kalpataru juga kami raih," paparnya.

Goodyear Indonesia, lanjut Iriawan, merupakan satu dari 10 perusahaan pertama yang mengawali terbentuknya Bursa Efek Jakarta 1980. Berdiri pada 1935 diatas lahan seluas 172.000 m2, Goodyear Indpnesia menjadi perusahaan pembuat ban mobil pertama dan tertua di Tanah Air.

Dalam 2 tahun terakhir, Goodyear telah meluncurkan tujuh produk baru di Indonesia untuk memberikan konsumen teknologi ban terbaik di dunia. Layanan full servis baru, konsep retail bermerek di industri ini yakni Autocare juga diluncurkan perusahaan.

Pada 2009, untuk meningkatkan jaringan outlet sentra servisnya perusahaan membuka 29 toko Autocare baru. Tahun ini, Goodyear membidik sebanyak 40 unit outlet baru yang akan dibuka secara nasional. (mrp)

Sumber : Bisnis Indonesia, 29.04.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar