30 April 2010

[ID-SEA] Pelabuhan Batam Berstatus Internasional

Oleh: Hendra Wibawa

JAKARTA (Bisnis.com): Kementerian Perhubungan akhirnya memasukkan Pelabuhan Batam dalam daftar pelabuhan terbuka untuk perdagangan internasional yang akan ditetapkan pada tahun ini.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R. Mamahit mengatakan kebijakan itu mengakomodasi permintaan Kementerian Perdagangan dan Otorita Batam guna mengembangkan Pelabuhan Batam.

"Kami akan menetapkan 26 pelabuhan terbuka perdagangan internasional dengan satu tambahan Pelabuhan Batam," katanya, hari ini.

Masuknya Pelabuhan Batam dalam daftar 26 pelabuhan terbuka, menurut dia, akan ditetapkan setelah selesainya pembahasan dengan dua kementerian lain yakni Kementerian Perdagangan dan Departemen Perindustrian.

Bobby menjelaskan pemilihan 26 pelabuhan terbuka bertujuan memudahkan pemerintah melakukan pengawasan dan pengendalian perdagangan internasional.

"Sehingga hal-hal terkait dengan penyelundupan bisa diatasi," tutur dia.

Selain Pelabuhan Batam, 25 pelabuhan lain antara lain Pelabuhan Belawan, Dumai,Lhokseumawe, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Banten, Palembang, Panjang, Pontianak, Tanjung Priok dan Teluk Bayur. (ts)

Sumber : Bisnis Indonesia, 29.04.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar