09 Mei 2010

[ID-BIZ] Dorong Mahasiswa Berwirausaha

SURABAYA, KOMPAS - Mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan. Karenanya, salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Untag yang sudah berwirausaha menjadi teladan.

"Irawan hanya salah satu mahasiswa yang memulai wirausahanya dan berhasil. Namun, ini menunjukkan semua mahasiswa mampu untuk membuka peluangnya sendiri," kata Rektor Untag Prof Ida Aju Brahmasari seusai pembukaan Computer Game Expo and Game Tournament, Selasa (20/4) di Graha Widya Untag Surabaya.

Pembukaan pameran yang digelar 20-30 April dengan 20 gerai juga dihadiri calon wali kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang juga mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Surabaya.

Irawan, mahasiswa FT Untag angkatan 2006, mengelola Optima Computer Surabaya di Hi Tech Mall dan mengawalinya dengan berjualan berbagai pernik seperti peranti penyimpan data mini () menggunakan kios di kampus.

Saat itu dia dan beberapa temannya menggabungkan modal Rp 300.000 per orang. Ketika ada bantuan permodalan dari seorang kerabat, usaha Optima Computer Surabaya pun didirikan.

Pada kesempatan itu Risma menilai kewirausahaan memang perlu didorong pada generasi muda. Sudah semestinya bila orang Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya.

Apalagi, peluang sangat besar. Pertama karena orang Indonesia yang paling memahami kebutuhan mereka sendiri. Kedua, pasar sudah ada dan biaya operasional tidak besar.

Masalahnya pada akses generasi muda untuk membangun usahanya dan memasarkan hasil karyanya. Untuk itu, pertama diperlukan dorongan supaya kreativitas bisa bernilai jual dan dipasarkan.

"Permainan komputer juga bernilai jual, jadi seharusnya dipasarkan," tutur Risma sambil menunjukkan cakram berisi permainan untuk anak usia dini. (INA)

Sumber : Kompas, 21.04.10.

NB:

Kompilasi artikel Jumat (07/05) dan Sabtu (08/05) ngga sempat di-update karena ada keperluan keluarga mendadak di Bandung. Kita berupaya mendokumentasikan yang kita bisa dan mampu sesuai waktu yang dimiliki. Harap maklum en thanks buat pengertiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar