04 Januari 2011

[040111.ID.SEA] Indonesia : PU Segera Bangun Pelabuhan Di Bangkalan

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum segera merealisaikan pelabuhan internasional Tanjung Bulu dan Tanjung Bumi, di Bangkalan Madura dengan investasi Rp10 triliun untuk mendukung penyediaan infrastruktur di wilayah itu.


Wakil Menteri PU Hermanto Dardak mengatakan rencana pengembangan pelabuhan tersebut untuk memaksimalkan pengoperasian jembatan Suramadu. Selain itu untuk mengurangi kepadatan dan volume arus bongkar muat kapal di Pelabuhan Tanjung Perak. 

Dia menilai pembangunan pelabuhan internasional itu mendesak direalisasikan, karena Pelabuhan Tanjung Perak yang berkapasitas 1,3 juta TEU's per tahun saat ini dinilai sudah terlalu padat tingkat kegiatannya dan semakin dangkal.

Kedalaman Pelabuhan Tanjung Perak saat ini hanya 9 meter, sehingga menyulitkan kapal besar yang ingin berlabuh, padahal potensi penggunaanya masih sangat besar.

"Pembangunan pelabuhan itu mendesak diadakan guna mendukung penyediaan infrastruktur di wilayah itu, rencananya tahun ini mulai di realisasikan," katanya kepada Bisnis, hari ini.

Hermanto menuturkan rencananya pelabuhan internasional itu akan dibangun dengan kedalaman 12 meter yang akan didukung dengan pembangunan jalan tol sebagai akses dari Tanjung Bumi ke jembatan Suramadu sepanjang 27 km.

Pihaknya juga mengharap dukungan pihak ketiga untuk bersama-sama membangun Pulau Madura secara keseluruhan meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Daerah-daerah tersebut, sangat potensial untuk dibangun kawasan industri yang masih terkait dengan pelabuhan.

"Daerah-daerah tersebut sangat potensial dikembangkan industri pendukung yang masih terkait dengan pelabuhan dan perkapalan, seperti kawasan pelabuhan yang ada di Tokyo hingga Osaka Jepang," ujarnya. (zuf)

Sumber : Bisnis Indonesia, 04.01.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar