14 Januari 2011

[140111.ID.AIR] Sriwijaya Ambil Alih Rute Mandala

JAKARTA, KOMPAS.com — Seperti tak mau kehilangan momen akan kebutuhan layanan penerbangan pasca tidak beroperasinya Mandala Airlines, dalam beberapa hari saja Sriwijaya Air langsung mengambil alih rute-rute yang dikuasai Mandala.

Ini untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang akibat ditinggal oleh Mandala.
-- Agus Soedjono

Juru bicara Sriwijaya Air, Agus Soedjono, mengatakan, pihaknya akan membuka sekaligus dua rute yang ditinggalkan Mandala. Rute Padang-Batam akan diterbangi Sriwijaya pada 16 Januari nanti, sedangkan rute Banjarmasin-Semarang dibuka tiga hari berikutnya.

"Ini untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang akibat ditinggal oleh Mandala. Kami akan membuka karena permintaan cukup besar," kata Agus di Jakarta, Jumat (14/1/2011).

Rute Padang-Batam, ujarnya, memiliki segmen yang cukup jelas yaitu masyarakat Minang yang bekerja di wilayah Batam dan sekitarnya, termasuk Singapura. Rute ini juga yang menjadi alasan Mandala menerbanginya, dan menjadi penguasa rute tersebut.

Sementara untuk rute Banjarmasin-Semarang pergi-pulang, jelas banyak tenaga kerja asal Jawa Tengah yang bekerja di Kalimantan Selatan. Perkebunan sawit dan batu bara serta komoditas lain di Kalsel banyak menyerap tenaga kerja asal Jateng sehingga rute ini juga dianggap strategis.

Sumber : TribunNews-Kompas, 14.01.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar