08 September 2011

[080911.ID.SEA] Pelindo Kebut Pemasangan 3 Crane

JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II segera merampungkan pemasangan tiga unit peralatan bongkar muat jenis container crane di tiga pelabuhan internasional di wilayah kerja perseroan BUMN itu.
 
Sekretaris Perusahaan Bidang Humas PT Pelindo II Hambar Wiyadi mengatakan saat ini dua peralatan sedang dalam proses pemasangan di dua pelabuhan cabang Pelindo II.
 
Kedua pelabuhan itu adalah Pelabuhan Panjang di Lampung dan Pelabuhan Boom Baru Palembang di Sumatra Selatan. "Sekarang masih dalam proses instalasi," katanya kepada Bisnis siang ini.
 
Selain Pelabuhan Panjang dan Boom Baru Palembang, Pelindo II juga memasang container crane di Pelabuhan Pontianak. "Kapal yang membawa peralatan itu sedang berlayar menuju Pontianak."
 
PT Pelindo II mulai Agustus tahun ini mendatangkan sebanyak 45 unit peralatan  bongkar muat barang baru berbagai jenis yang dibeli dari China.
 
Perseroan tersebut mendatangkan peralatan itu secara bertahap hingga 2012 di sejumlah pelabuhan di seluruh wilayah Pelindo II guna meningkatkan kinerja dan pelayanan kepelabuhanan.
 
Total investasi pengadaan alat tersebut hingga tahun 2012 sebesar Rp 769 miliar. Sementara untuk investasi keseluruhan, termasuk di antaranya fasilitas dermaga, mencapai Rp 3,6 triliun.
 
Keseluruhan peralatan itu sudah dipesan. Tahap awal, di akhir Juli sudah  dikirim 3 buah alat pengangkat peti kemas (container crane), 10 alat pengangkat bergerak (gantry jib crane), dan 3 alat pengangkat permanen (fixed crane). (sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 06.09.11 (maaf ya, kliping tanggal 07/09 ngga terbiat, biasalah ...).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar