25 September 2011

[250911.ID.LOG] Energi Panas Bumi Tepat Diterapkan di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh cincin api pasifik atau lebih dikenal Ring of Fire.

Oleh karenanya, World Wildlife Fund (WWF) mendorong agar energi terbarukan yakni energi yang memanfaatkan panas bumi diterapkan di Indonesia, Jumat (23/9/2011).

Di Indonesia, pemanfaatan energi terbarukan ini baru sebesar 4 persen, padahal potensi energi terbarukan di Indonesia sangat besar. Total potensi panas bumi di Indonesia sekitar 28 Gigawatt yang merupakan penghasil panas bumi terbesar kedua setelah AS.

Pembuat kebijakan baru menargetkan energi nasional dengan memanfaatkan energi terbarukan ini sebesar 17 persen dalam bauran energi nasional, namun program tersebut msih jauh dari realisasinya.

Sejauh ini, Indonesia masih bergantung pada penggunaan minyak atau energi fosil. Hal tersebut tentunya menghambat bagi perkembangan energi terbarukan di negeri ini karena seluruh pembiayaan difokuskan pada energi fosil seperti batubara.

"Jika energi panas bumi ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya, maka daerah-daerah yang tak memiliki listrik dapat terjangkau," ujar Indra Sari Wardani dalam diskusi bersama wartawan.

Sumber : TribunNews, 23.09.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar