14 September 2011

[140911.ID.BIZ] Dua Bank Perancis Turun Peringkat

PARIS, KOMPAS.com - Pemeringkat Moody's menurunkan peringkat dua bank besar Perancis, Societe Generale dan Credit Agricole pada Rabu (13/9/2011).

Beberapa pekan belakangan harga saham perbankan Perancis sangat bergejolak karena para investor mengkhawatirkan perbankan Perancis yang memiliki banyak sekali obligasi terbitan pemerintah Yunani.

Langkah Moody's ini memang sudah diperkirakan sebelumnya setelah bank lain BNP Paribas diturunkan peringkatnya pada pertengahan Juni lalu.

Moody's menurunkan peringkat utang jangka panjang SocGen satu tingkat menjadi Aa3. Credit Agricole juga diturunkan satu peringkat menjadi Aa1. Mood's juga memperingatkan kedua bank tersebut dapat diturunkan lagi peringkatnya tergantung dari gejolak.

Penurunan peringkat itu terjadi setelah Eropa terlihat sangat sulit mengatasi krisis utang Yunani. Kekhawatiran bahwa Yunani akan gagal bayar kembali mencuat.

Hal tersebut membuat bank yang memegang banyak surat utang terbitan pemerintah Yunani mungkin tidak akan dapat pengembalian dananya jika Yunani gagal bayar. Para investor bertanya-tanya apakah bank-bank tersebut memiliki cukup kemampuan untuk menanggung kerugian akibat gagal bayarnya Yunani.

Karena kekhawatiran ini, beberapa bank Eropa mengalami kesulitan mendapatkan dana yang mereka perlukan untuk operasional hariannya. Pasar surat utang AS yang merupakan salah satu penyedia dana jangka pendek perbankan Eropa mulai enggan meminjamkan dananya.

Salah satu bank Eropa dipaksa membayar tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat suku bunga yang berlaku di pasar untuk mendapatkan dana dalam bentuk dollar AS dari Bank Sentral Eropa.

Pendapat Moody's mengungkapkan mengapa bank dapat menderita kerugian besar karena utang Yunani dan ada pandangan baru bagaimana mereka akan terkena dampak karena kesulitan mendapatkan dana di pasar modal.

"Kekhawatiran kami sekarang lebih pada pasar pembiayaan perbankan. Keadaan pasar pembiayaan menjadi sangat sulit dan risiko yang timbul dan menjadi lebih negatif ketika risiko itu semakin lama muncul," ujar Nicholas Hill analis pada Moody's.

Harga saham SocGen turun 3,4 persen sedangkan saham Credit Agricole malah naik 3,8 persen pada pertengahan perdagangan di pasar Eropa.  

Sumber : Kompas, 14.09.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar