02 Maret 2012

[020312.ID.SEA] Pelayaran Nasional : Incar 25% Muatan Batu Bara Ekspor


JAKARTA: Operator pelayaran berbendera Merah Putih mengincar 25% muatan batu bara ekspor melalui laut selama 2012 dari proyeksi sebesar 240 juta ton.

Oentoro Surya, Direktur Utama PT Arpeni Pratama Ocean Line menjelaskan kapal-kapal nasional diharapkan dapat mengambil pangsa pasar angkutan ekspor batu bara minimal 25% pada 2012.

Pangsa angkutan batu bara ekspor masih jauh lebih besar karena kapal-kapal nasional baru mengangkut sekitar 10% dari 240 juta ton batu bara yang dibawa kapal asing ke luar negeri.

Oentoro memperkirakan dalam setiap bulan Indonesia mengekspor batu bara sedikitnya 240 juta ton dengan kebutuhan kapal Panamax yang sangat besar. “Untuk memperbanyak kapal nasional di angkutan ekspor, butuh political will," katanya, hari ini (29/02).

Namun, katanya, investasi di sektor pengadaan kapal bulk carrier di Indonesia terus meningkat sejak pemerintah memberlakukan kebijakan asas cabotage yang mewajibkan angkutan laut domestik menggunakan kapal nasional.

Dia menambahkan pangsa pasar komoditas curah kering maupun lainnya di Indonesia terus tumbuh sehingga pangsanya masih menggiurkan meskipun jumlah armada terus bertambah dari tahun ke tahun.

Dia mencontohkan produksi batu bara nasional berpotensi mencapai 340 juta ton per tahun dan akan terus meningkat hingga menjadi 400 juta ton per tahun seiring dengan meningkatnya kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Indonesia. (ra)

Sumber : Bisnis Indonesia, 29.02.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar