07 Maret 2012

[070312.ID.BIZ] KA Komuter : Keberadaannya Bisa Gairahkan Ekonomi Malang

MALANG: Rencana pengoperasian Kereta Api (KA) Komuter Singosari-Malang-Kepanjen yang diharapkan bisa dimulai pada 2012 diyakini bakal menggairahkan aktivitas perekonomian bagi masyarakat khususnya yang berada di Malang selatan.
        
Kepala Bidang Keselamatan Lalu-lintas (Lalin) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Provinsi Jatim, Harnen Sulistyo, mengatakan jika komuter mulai beroperasi maka akan membuka akses transportasi bagi masyarakat di Malang Raya (Kota/Kabupaten Malang dan Kota Batu).
        
“Keberadaan komuter akan membawa kemudahan bagi masyarakat utamanya yang berada di wilayah selatan dalam hal mobilitas transportasi maupun aktivitas tambahan mereka,” kata Harnen Sulistyo di Malang hari ini.
        
Mengingat, selama ini akses transportasi masyarakat di Malang selatan relatif masih minim. Karena itu yang perlu disiapkan oleh Pemkab Malang adalah menyiapkan akses jalan untuk menunjang pengoperasian komuter tersebut.
        
Ditambahkan, keberadaan komuter juga akan membawa aspek positif bagi Malang Raya. Selain akan mampu mereduksi pergerakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat, juga bisa menekan tingginya angka kecelakaan lalu-lintas di wilayah Malang Raya.
        
“Tentunya tingkat keselamatan komuter jauh lebih baik dibandingkan dengan angkutan umum.”
        
Hanya saja, untuk mengantisipasi tingkat lonjakan penumpang kereta api dari Singosari-Malang-Kepanjen akan tinggi seiring dengan beroperasinya komuter, maka Kota Malang yang menjadi wilayah transit utama harus mempersiapkan sarana pendukung utamanya dalam hal parkir.(api)

Sumber : Bisnis Indonesia, 07.03.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar