13 November 2020

[131120.ID.BIZ] Proyek Pelabuhan KEK Maloy Rampung, Bakal Tarik Investor?

 

Bisnis.com, JAKARTA – Rampungnya pekerjaan pelabuhan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) diharapkan bisa turut menggaet minat investor di kawasan industri di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tersebut setelah uji coba sandar dan gerak kapal sudah dilakukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutim Irawansyah mengonfirmasi uji coba sandar dan gerak kapal sudah dilakukan. Lewat penyelesaian salah satu infrastruktur tersebut, sejumlah kekurangan yang diperlukan bagi KEK Maloy mulai terlengkapi.

Dia pun optimistis dengan terealisasikannya pelabuhan ini, akan bakal banyak investor masuk ke KEK Maloy. Selain itu jika nantinya KEK telah beroperasi, akan ada banyak manfaat yang didapatkan pemerintah khususnya Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim. Utamanya dari sisi pertumbuhan ekonomi maupun di sektor tenaga kerja.

"Sejauh ini memang belum ada pabrik dari berbagai perusahaan yang dibangun. Tetapi dengan adanya pelabuhan, tentu akan menarik minat investor untuk masuk ke kawasan industri itu," kata Irawansyah, Jumat (13/11/2020).

Apalagi Kutim bukan termasuk kawasan rawan bencana, sehingga menjadi nilai tambah untuk menarik pemodal berinvestasi. Adapun, pelabuhan tersebut adalah penunjang utama beroperasinya KEK Maloy secara keseluruhan.

Pelabuhan KEK Maloy ini utamanya akan menjadi penyangga utama arus distribusi dari produk industri perusahaan yang bakal masuk ke kawasan tersebut. Apalagi di Kutim sendiri sudah banyak pabrik pengolahan CPO dan batu bara. Maka, pengolahan produk turunannya bisa memanfaatkan KEK Maloy tersebut.

Sebagai informasi, sekitar enam perusahaan yang mengincar KEK Maloy untuk berinvestasi. Total enam perusahaan itu ada yang dari luar negeri ataupun dari dalam negeri. Pemkab Kutai Timur juga akan mengumpulkan semua perusahaan kelapa sawit di daerah Kutim untuk mau masuk ke KEK Maloy.

Sumber : Bisnis, 13.11.2020.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar