02 Februari 2014

[020214.ID.BIZ] Sulawesi Selatan Rancang Kota Penyangga Mamminasata


Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tengah merancang pembangunan kota baru Patalassang-Moncong Loe seluas 3.500 hektar, sebagai penyangga strategis Kota Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata).

Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Sulsel Andi Bakti Haruni mengatakan kota baru tersebut diproyeksikan mampu menampung hingga 300.000 jiwa sehingga mampu mengurangi kepadatan di Kawasan Mamminasata terkhusus Kota Makassar.

Menurutnya, pembangunan kota baru Patalassang-Moncong Loe direncanakan menggunakan skema kerjasama pemerintah swasta (public private partnership/PPP), serta melibatkan asosiasi untuk pembahasan peruntukan dan tata ruang proyek tersebut.

"Untuk realisasinya, kami targetkan mulai tahun depan untuk pengembangan infrastruktur seperti jalan dan penyediaan sarana air bersih, karena saat ini kami masih melakukan studi kelayakannya," katanya, Sabtu (1/2/2014).

Adapun, lokasi kota baru Patalassang-Moncong Loe berjarak 14 kilometer dari Kota Makassar dan 17 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Bakti Haruni memaparkan, kota baru tersebut juga akan dilengkapi sejumlah fasilitas umum seperti terminal, pasar dan kantor pelayanan serta infrastruktur penunjang lainnya.

Sementara untuk pembangunan perumahan maupun permukiman baru bagi masyarakat, lanjutnya, Pemprov berencana menggandeng Real Estate Indonesia (REI) selaku asosiasi pengembang.

"Pembangunan kota baru memang sudah saatnya, terlebih pertumbuhan pendudukan di Mamminasata khususnya Makassar yang semakin padat tiap tahunnya," paparnya.

Menurut Bakti Haruni, rencana Pemprov untuk membangunan kota baru itu diharapkan mendapat persetujuan dan dukungan dari pemerintah pusat mengingat proyek tersebut merupakan bagian dari pengembangan Kawasan Mamminasata.

Adapun Kawasan Mamminasata merupakan percontohan pengembangan tata ruang terpadu di Indonesia yang dibentuk berdasarakan Peraturan Presiden No 55 Tahun 2011.

Kawasan Mamminasata meliputi empat kabupaten/kota di Sulsel yakni Makassar, Gowa (Sungguminasa), Maros dan Takalar yang dipersiapkan pemerintah pusat sebagai sentra pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur.

Sumber : Bisnis Indonesia, 02.02.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar