21 Februari 2014

[210214.ID.BIZ] Martua Sitorus Akuisisi Pabrik Gula India



Bisnis.com, JAKARTA—Wilmar International Limited., perusahaan induk milik pengusaha kaya Indonesia Martua Sitorus, menyuntikan modal senilai US$200 juta kepada perusahaan agribisnis dan bioenergi asal India, Shree Renuka Sugars Limited (SRS).
 
Dalam keterangan kepada otoritas bursa Singapura seperti dikutip Jumat (21/2/2014), penyertaan modal tersebut dilakukan melalui anak usaha Wilmar Gula Holdings Pte. Ltd. (WSH), yang sahamnya dikuasai 100% oleh Wilmar International.

Martua Sitorus ditaksir memiliki kekayaan tak kurang dari US$2 miliar pada 2013 berdasarkan data majalah Forbes.

Langkah penyertaan modal tersebut dilakukan dalam dua tahap. Pertama, Wilmar akan mengambil alih 27,5% saham atau setara 257,5 juta unit milik Shree Renuka Sugars. Nilai eksekusi itu sekitar US$83 juta.

Tahap kedua, Shree Renuka Sugars bakal menerbitkan saham baru(rights issue) yang sebagian dari saham baru tersebut dieksekusi oleh Wilmar Gula.

Manajemen Wilmar mengaku seluruh dana penyertaan modal kepada perusahaan gula India sepenuhnya menggunakan modal internal.

Shree Renuka Sugars memiliki tujuh pabrik gula di India dengan kapasitas produksi hingga 20,7 juta ton per tahun. Selain itu, perusahaan tersebut juga memproduksi bahan bakar etanol dari ampas tebu.

Selain di India, produksi bahan bakar etanol juga dilakukan di pabrik yang berlokasi di Brasil dengan kapasitas total 6.240 kilo liter. Produksi etanol di India sebesar 930 kilo liter, dan sisanya yang besar di Brasil sebesar 5.310 kilo liter.

Sumber : Bisnis Indonesia, 21.02.14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar