24 Februari 2014

[240214.ID.BIZ] Begini Cara VW "Berkorban" Untuk Kuasai Truk Scania

Bisnis.com, BERLIN – Berambisi menguasai penjualan truk di Eropa, perusahaan Jerman  Volkswagen mengincar saham perusahaan Swedia, Scania.

Volkswagen berencana membeli saham khusus segmen truk asal Swedia yakni Scania sebesar 6,7 miliar Euro atau setara dengan US$9 juta.

Rencana ini menyusul ambisi VW untuk meningkatkan performa penjualan truk di Eropa yang selama delapan tahun belakangan menurun.

Reuters melaporkan, VW telah menghabiskan miliaran Euro selama lebih dari satu dekade untuk memperluas saham di Scania dan truk lainnya di divisi MAN SE untuk menuai penghematan biaya dan mengalahkan Daimler ( DAIGn.DE ) sebagai pembuat truk terbesar di dunia .

"Kami membeli saham ini dengan maksud lebih luas agar kerjasama dengan Scania tetap terjalin sehingga segmen truk bisa terus bertumbuh" ujar Kepala Keuangan Hans Dieter Poetsch, seperti dilansir Reuters, Minggu (23/2/2014).

Untuk mendukung usaha tersebut, VW menjual saham preferen hingga 2 miliar Euro, mengeluarkan modal hybrid hingga 3 juta Euro, dan menarik 2 miliar Euro lainnya dari cadangan kas dengan total 16,9 miliar Euro.

Sumber : Bisnis Indonesia, 23.02.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar