25 Februari 2010

[ID-BIZ] "Schlumberger" Akan Beli "Smith" US$11 Miliar

Oleh: Ananda Wardhiati

HOUSTON (Bloomberg): Schlumberger Ltd, perusahaan jasa perminyakan terbesar di dunia, akan membeli seluruh saham Smith International Inc senilai US$11 miliar. Dengan pembelian ini Schlumberger Ltd bakal menjadi pemilik tunggal perusahaan pengeboran minyak terbesar tersebut.

Para pemegang saham Smith masing-masing akan memperoleh 0,6966 saham Schlumberger untuk setiap saham yang mereka kuasai. Berdasarkan penutupan harga saham Schlumberger 19 Februari lalu, transaksi itu bernilai US$11 miliar.

Kesepakatan ini diduga akan semakin mengukuhkan terobosan Schlumberger dalam teknologi pengeboran yang berhasil meningkatkan produksi minyak dan gas alam di seluruh dunia. Smith, yang memiliki M-I Swaco dalam kongsinya dengan Schlumberger, adalah perusahaan pengeboran terbesar kedua di dunia.

"Teknologi pengeboran, produk dan tenaga ahli yang dimiliki Smith melengkapi apa yang kami miliki, sementara dengan 'jejak kaki' Schlumberger berarti kita bisa menawarkan kedua kombinasi ini ke seluruh dunia," kata Chief Executive Officer Schlumberger Andrew Gould dalam pernyataannya.

Menurut data Bloomberg, transaksi ini akan menjadi merger terbesar di AS tahun ini dan menjadi akuisisi terbesar Schlumberger. Menurut data statistik Bloomberg dalam satu dekade lebih, merger ini juga akan menjadi akuisisi terbesar yang terjadi dalam perusahaan jasa perminyakan.

Penghematan

Schlumberger, yang berbasis di Houston dan Paris, berharap dengan akuisisi itu mereka akan melakukan penghematan sebelum pajak senilai US$160 juta pada tahun depan dan US$320 juta pada 2012. Pembelian Smith, yang juga berbasis di Houston, akan menambah jumlah pendapatan perusahaan itu pada 2012.

"Ketika saya melihat fakta bahwa Smith memiliki neraca keuangan yang rendah serta produksi yang mereka tawarkan juga sempit, saya menilai akan lebih baik bagi Smith khususnya dalam jangka waktu panjang untuk diakuisisi," ujar Philip Weiss, analis di Argus Research di New York.

Pada saat yang bersamaan, keuntungan lain yang dimiliki Schlumberger adalah menjadi pemilik tunggal M-I Swaco yang tadinya merupakan kongsi Schlumberger dengan Smith, lanjut Weiss.

Smith memiliki 60% saham dalam kongsi tersebut yang mengkontribusikan US$4,22 miliar dari pendapatan Smith yang mencapai US$8,22 miliar pada 2009. Penjualan Schlumberger mencapai US$22,7 miliar tahun lalu, atau turun 16% dibandingkan dengan 2008.

Pada laporan keuangan tertanggal 27 Januari, utang bersih Smith mencapai US$1,2 miliar pada akhir 2009.

Schlumberger menghargai transaksi tersebut senilai US$45,84 per saham. Harga ini sebelum munculnya berita terkait kemungkinan kesepakatan akuisisi yang menyebabkan saham Smith melompat 13% atau US$4,35 menjadi US$37,70 pada 19 Februari di perdagangan saham di New York.

Pada hari yang sama, saham Schlumberger turun US$1,91 atau 2,9% menjadi US$63,90.

Schlumberger pada 8 Februari melaporkan bahwa Paal Kibsgaard akan menjadi CEO. Penggantian ini akan memberi kesempatan kepada CEO sebelumnya yakni Gould, 63, untuk fokus kepada sejumlah isu besar yang ada, semisal merger dan akuisisi, ujar Bill Herbert, analis di Simmons & Co di Houston.(er)

Sumber : Bisnis Indonesia, 22.02.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar