26 Februari 2010

[ID-SEA] MTI Kaji Penetapan Tuslah Angkutan Laut

Oleh: Raydion Subiantoro & Hendra Wibawa

JAKARTA (Bisnis.com): Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) akan melakukan kajian mengenai penetapan tuslah di angkutan laut guna memperkokoh peran dan fungsi moda transportasi laut dalam perekonomian nasional.

“Tuslah kan adanya di angkutan darat, MTI akan melakukan kajian apakah tuslah itu cocok juga jika diterapkan di angkutan laut atau tidak,” jelas Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, saat jumpa pers usai kongres MTI hari ini.

Bambang, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum MTI, menuturkan moda transportasi laut memegang peranan penting terhadap pertumbuhan perekonomian nasional karena Indonesia adalah negara kepulauan.

MTI mulai tahun ini juga akan membentuk forum transportasi laut sebagai platform komunikasi dan diskusi guna mengurai permasalahan yang ada di sektor laut.

Di tempat yang sama, Sekjen MTI Danang Parikesit mengatakan harus ada koordinasi yang baik antara Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dengan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub guna mengawasi kompetisi perusahaan pelayaran sehingga tidak terjadi persaingan yang saling mematikan melalui tarif.

“Harus ada kerja sama yang baik antara KPPU dan Kemenhub supaya persaingan yang saling memangsa lewat praktek predatory pricing tidak terjadi,” katanya.(fh)

Sumber : Bisnis Indonesia, 24.02.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar