18 Februari 2010

[ID-SEA] Tren Pertumbuhan Armada Kontainer Melambat


Oleh: Tularji
JAKARTA (Bisnis.com): Pertumbuhan jumlah armada angkutan kontainer nasional berbendera Merah Putih selama lima tahun terakhir cenderung melambat dibandingkan dengan sub-sektor angkutan laut lainnya.

Ketua Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shiponers’ Association (INSA) Djoni Sutji mengatakan pelambatan kekuatan armada kontainer itu menyebabkan share holder dengan sub-sektor transportasi laut lainnya turun.

Selama lima tahun terakhir, lanjutnya, pengadaan armada kontainer lebih banyak untuk menggantikan kapal yang sudah tua.

“Selama ini pengadaan kapal kontainer lebih banyak untuk menggantikan armada berusia tua,” ujarnya kepada Bisnis.com hari ini.

Data Kementerian Perhubungan menyebutkan dalam lima tahun terakhir jumlah armada kontainer berbendera Merah Putih hanya bertambah 50 unit dari total 107 unit pada 2005 menjadi 157 unit pada Desember 2009 atau rata-rata tumbuh 2,5% per tahun.

Jumlah itu setara dengan 2,08% dari total kapal niaga milik perusahaan laut nasional sebanyak 7.546 unit. Pada 2005, jumlah kapal kontainer nasional sama dengan 2,3% dari total kapal niaga nasional sebanyak 4.659 unit.

Djoni menilai roadmap soal asas cabotage yang mewajibkan penggunaan kapal berbendera Merah Putih sudah benar namun tidak diikuti dengan perkembangan jumlah armada.(fh)

Sumber : Bisnis Indonesia, 17.02.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar