21 Mei 2011

[210511.ID.LAN] Pembatasan Truk Akan Dievaluasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan pembatasan angkutan berat dan pengalihan rute lalu lintas di Jalan Tol Dalam Kota, dinilai Kementerian BUMN bukan dicabut atau dihentikan. Kebijakan tersebut hanya sedang dievaluasi untuk segera dipermanenkan.

"Kami akan evaluasi kembali, agar nanti dipermanenkan. Meski ada pihak yang merasa terbantu dengan kebijakan ini, namun disisi lain ada juga yang mengalami kesulitan," kata Menteri BUMN, Mustafa Abubakar di Jakarta, Jumat (20/5/2011).

Hal ini dikarenakan ada pihak yang merasa dirugikan dengan pemberlakuan uji coba yang semestinya berakhir pada 10 Juni mendatang. Lantaran hal itu, kebijakan ini akan dievaluasi. "Meski ada yang terbantu tapi di ruas lain ada yang kelihatannya masih mengalami kesulitan," ujar Mustafa.

Rencananya bersama pihak terkait, Pemprov DKI dan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN akan mencari solusi yang tepat untuk semua pihak. Pada kenyataannya, pemberlakuan kebijakan ini bukan merupakan larangan melainkan hanya pengaturan.

"Hanya pengalihan jamnya saja, jam padat yakni pagi dan siang dipakai untuk pengendara umum, sedangkan untuk angkutan barang pada malam hari," papar Mustafa.

Selain itu, Kementerian BUMN bersama PT KAI juga sedang membahas jalur kereta circle line untuk wilayah Jakarta. Ini merupakan sebuah sistem angkutan penumpang berbasis kereta api yang melingkar ke penjuru kota. Salah satunya adalah menyiapkan kereta api khusus angkutan barang yang dapat mengakses pelabuhan dan bandara. Tentu harapan dari sistem ini nantinya dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengurai kemacetan Ibu Kota.

Sumber : Bisnis Indonesia, 21.05.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar