05 Juni 2011

[050611.ID.AIR] Garuda Siapkan Penerbangan Jakarta-Osaka

OSAKA, Jepang: Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk sedang menyiapkan rencana pembukaan penerbangan jalur langsung Jakarta-Osaka pp menyusul tingginya permintaan untuk rute baru internasional tersebut. General Manager Garuda Indonesia Osaka Asa Perkasa mengatakan pihaknya menerima usulan pembukaan rute itu dari Pemerintah daerah Osaka karena tingginya minat masyarakat setempat khususnya dari kalangan pebisnis.

“Secara resmi Gubernur dan Walikota Osaka akan membicarakan usulan itu kepada jajaran direksi Garuda Indonesia dalam kunjungan resmi mereka ke Indonesia pada Juni dan Juli mendatang,” katanya dalam pertemuannya dengan sejumlah wartawan Indonesia peserta family trip Konjen RI Osaka dan Garuda Indonesia, kemarin.

Gubernur Osaka Toru Hashimoto dan Walikota Osaka Kunio Hiramatsu merencanakan melakukan kunjungan kerja ke Jakarta dan Surabaya pada 14-18 Juni 2011 dan Walikota Osaka Kunio Hiramatsu akan berkunjung ke Jakarta pada 5-7 Juli 2011.

Sejauh ini Garuda Indonesia telah menerbangi tiga kota di Jepang yakni Tokyo, Nagoya dan Osaka. Untuk ke Osaka penerbangan dilakukan setiap hari dengan rute Jakarta-Denpasar-Osaka. Di rute Jakarta-Tokyo yang dilayani setiap hari,Garuda bersaing dengan Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airlines (ANA), demikian juga Tokyo-Denpasar.

Selain itu. Nagoya-Denpasar dilayani 3 kali dalam sepekan. Asa optimistis rute langsung Jakarta-Osaka akan sangat diminati masyarakat pebisnis Osaka karena tingginya prospek pasar dari potensi sejumlah kerja sama ekonomi yang kelak akan dapat direalisasikan.

Penerbangan Jakarta-Denpasar-Osaka pp, papar dia, sejauh ini telah memberikan bukti  animo pasar begitu besar dengan relatif tingginya tingkat keterisian penumpang pesawat (seat load factor/SLF) yang mencapai rata-rata di atas 70%.

“Bahkan di saat peak season bisa mencapai di atas 90%. Hal ini terutama juga didorong oleh faktor disetopnya penerbangan oleh JAL dari Denpasar.” Dia menjelaskan Pulau Dewata masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan asal Osaka maupun kota-kota besar di Jepang, selain mengunjungi ibu kota Jakarta dan Surabaya untuk keperluan bisnis.(mmh)

Sumber : Bisnis Indonesia, 05.06.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar