24 Juni 2011

[240611.ID.SEA] Hari Pelaut Digelar Di Sunda Kelapa

JAKARTA: Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Sunaryo membuka upacara kampanye keselamatan pelayaran 2011 yang merupakan peringatan Hari Pelaut Sedunia yang diperingati oleh seluruh masyarakat maritim di dunia.

Upacara berlangsung pagi ini mulai pukul 08.30 di Pelabuhan Sunda Kelapa. Tampak hadir dalam upacara ini yakni Nafri, Kepala Pangkalan Armada Tanjung Priok, Direktur Perkapalan dan Kelautan Ditjen Perhubungan Laut Arifin Sunarjo, Direktur KPLP Yudustar, Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Muhammad Leon, dan Ketua Mahkamah Pelayaran Capt. Sonny.

Hadir juga beberapa pengusaha kapal diantaranya Johnson W.Sutjipto, Ketua Indonesia Nasional Shipp Ouwners Association (INSA).

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemehub Bambang S.Ervan mengatakan kampane keselamatan pelayaran diselenggarakan secara khusus dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena penyelenggaraan kampanye keselamatan pelayaran 2011 sekaligus dilaksanakan peringatan Hari Pelaut Sedunia yang untuk pertama kalinya oleh seluruhmasyarakat maritim di dunia.

Dia mengatakan lokasi Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai tempat pelaksanaan kampanye keselamatan pelayaran 2011 ini didasari oleh banyaknya para pelaku pelayaran rakyat. Pelayaran yang menggunakan kapal berukuran lebih kecil 7 gross ton serta kapal penumpang tradisional yang selama ini beroperasi di wilayah Provinsi DKI Jakarat dan Provinsi Banten yang masih minim kesadarannya untuk memprioritaskan keselamatan pelayaran dalamkegiatan operasional.

Sunaryo dalam pidatonya mengatakan keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama. Ada beberapa elemen, diantaranya taat asas. Operator  tidak sekedar mebnapatkan untung semata sehingga mengabaikan keselamatan. Elemen lainnya yakni ada indikasi ketidaksabaran pengguna jasa yang ingin.mendapatkan layanan tetapi tidak mengindahka situasi tertentu.

"Pelabuhan Sunda Kelapa tepat digunakan karena dari sinilah banyak pengingkaran-pengingkaran terjadi," kata Sunaryo. (tw)

Sumber : Bisnis Indonesia, 23.06.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar