15 Juni 2011

[150611.ID.SEA] Prakualifikasi Proyek Terminal Kalibaru Dibuka

JAKARTA: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini resmi mengumumkan prakualifikasi tender pembangunan Terminal Kalibaru Utara, Pelabuhan Tanjung Priok senilai total Rp11,7 triliun.

Kemal Heryandi, Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub mengatakan, prakualifikasi sudah diumumkan hari ini.

“Tanggal 17 Juni, investor mengambil dokumen,” katanya kepada Bisnis sore ini.

Dia menjelaskan setelah diumumkan, pihaknya akan mengundang para calon investor yang mendaftar untuk menjelaskan tender prakulifikasinya. “Ini baru PQ [prakualifikasi], masih jauh proses menuju pemenang,” tegasnya.

Pihaknya optimistis proyek pengembangan pelabuhan Tanjung Priok akan diminati oleh kalangan investor, baik dalam negeri maupun luar negeri meskipun nilainya menembus Rp11,7 triliun.

Berdasarkan data Kemenhub, biaya pembangunan Terminal Utara Kalibaru tahap I sendiri telah membengkak lebih dari 25% menjadi Rp11,7 triliun dari perkiraan awal sebesar Rp8,8 triliun.

Keputusan Menteri Perhubungan (KM) No.42/2011 tentang Rencana Induk Teluk Jakarta pada 7 April 2011 menyebutkan nilai proyek itu meningkat Rp2,9 triliun dari perhitungan awal sebesar Rp8,8 triliun.

Pembengkakan itu terjadi menyusul bergesernya penetapan titik lokasi terminal peti kemas yang akan dibangun serta adanya penambahan biaya infrastruktur berupa jembatan sena kegiatan pengerukan alur timur Pelabuhan 
Tanjung Priok.

Kemenhub ingin menghidupkan alur pelayaran di timur Pelabuhan Tanjung Priok sebagai alur alternatif untuk mengantisipasi insiden, seperti kebakaran dan menambah jembatan layang sejauh 700 meter. (sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 15.06.11.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar