17 Juni 2011

[170611.ID.BIZ] Sistranas Disinergikan Dengan 6 Koridor Ekonomi

JAKARTA: Pengembangan sistem transportasi nasional (sistranas) akan disinergikan dengan enam koridor ekonomi nasional.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Denny Siahaan mengatakan keenam koridor ekonomi Indonesia itu harus saling terhubung, sehingga mempercepat pertumbuhan. 
"Kita punya potensi, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal. Kita memerlukan peranan swasta dalam pengembangan transportasi di enam koridor ekonomi Indonesia. Daerah itu nantinya akan menjadi penyanggah perekonomian nasional," katanya hari ini.

Dia menambahkan terkait pengembangan wilayah di enam koridor ekonomi itu, saat ini sudah masuk dalam program pertransportasian, yaitu menambah kapal penyeberangan pada sabuk selatan dan tengah.

Program lainnya adalah menambah lintas kapal penyeberangan yang menghubungkan sabuk selatan, tengah hingga ke trans Maluku serta memaksimalkan destinasi dan frekuensi penerbangan domestik antarpulau-pulau besar.

Denny menegaska n Kementerian Perhubungan akan berupaya meningkatkan pelabuhan singgah dan mendorong terus tumbuhnya perekonomian di masing-masing wilayah, melalui pertumbuhan angkutan kargo.
“Karena itu pemerintah juga menargetkan, semua ibu kota provinsi mampu disinggahi pesawat berbadan lebar, seperti Boeing 737," katanya. (sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 14.06.11.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar