03 Desember 2012

[031212.ID.BIZ] Ekonomi CHINA: Manufaktur Membaik, China Tetap Patok Pertumbuhan Ekonomi 7,5%


BEIJING: China berpotensi untuk tetap mempertahankan target pertumbuhan  ekonomi tahunan sebesar 7,5% pada tahun depan setelah kepemimpinan baru yang dipimpin oleh Xi Jinping tidak akan mentolerir penurunan lebih besar dari pencapaian terendah sejak 2004.

Sebanyak 9 dari 16 analis yang disurvei Bloomberg News pada 22-30 November  memperkirakan pemerintah china menetapkan tujuan tidak berubah, masih sama dengan 2012. Sementara 6 lainnya melihat adanya harapan penurunan hingga 7%,  dan 1 analis melihat akan ada peningkatan hingga 8%.

Pejabat ekonomi  bertemu bulan ini untuk memetakan kebijakan 2013 dan dapat menetapkan target yang akan secara resmi diumumkan pada   sidang tahunan parlemen, Maret mendatang.

Target 7,5% merupakan sinyal bahwa Xi dan Li Keqiang, ditetapkan untuk menggantikan Wen Jiabao sebagai perdana menteri, siap untuk memperluas pelonggaran fiskal dan moneter untuk memulihkan ekonomi China yang goyah.

Sementara itu, data per 1 Desember menunjukkan indeks manufaktur naik ke level tertinggi dalam 7 bulan pada November, menambah bukti adanya pertumbuhan kembali menguat dari level terendah dalam 3 tahun.

"Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas dari kepemimpinan baru bahwa mereka ingin memastikan pertumbuhan ekonomi yang stabil," ujar Li Miaoxian, Ekonom BoCom International Holdings Co, di Beijing.

Menurutnya, jika target pertumbuhan ekonomi hanya 7%, nilai tersebut telalu rendah dan membuat pasar khawatir.

Li memperkirakan target 7,5%, yang diprediksi akan mendorong pertumbuhan yang sebenarnya lebih tinggi dari 8% dan memungkinkan pemerintah untuk menjadi lebih akomodatif dalam memebentuk kebijakan ekonomi dari pada dengan target 7%.(sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 03.12.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar