11 Desember 2012

[111212.ID.BIZ] 2013, Sektor Pariwisata Jadi Tumpuan Pekerjaan

Oleh Restu A Putra | Inilah – 6 Desember 2012

INILAH.COM, Jakarta - Sektor pariwisata menjadi perhatian banyak pihak. Terutama karena sektor ini memiliki potensi penciptaan lapangan kerja signifikan demi memenuhi target penciptaan lapangan kerja satu juta orang pertahunnya.

Wakil Menteri Negara PPN/Wakil Kepala Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, dengan melambatnya ekonomi global, peluang bisnis dari tumbuhnya sektor pariwisata sangat diharapkan dapat mendongkrak iklim investasi serta penciptaan pekerjaan dari lingkaran sektor tersebut.

"Sektor pariwisata itu memungkinkan adanya penciptaan lapangan kerja karena memberi multiplayer effect, selain dari proyek-proyek infrastruktur," ujarnya saat ditemui usai acara peluncuran Laporan Penilaian Kebutuhan Perlindungan Nasional di Jakarta, Kamis (6/12/2012).

Menurutnya, dari bertumbuhnya sektor pariwisata, tentu akan muncul pelaku-pelaku bisnis baru yang bisa mendukung investasi dan lapangan pekerjaan di sekitarnya.

Namun, ada yang harus dijaga dari terciptanya lapangan kerja tersebut, yaitu iklim perburuhan. "Sebetulnya doing bisnis itu mudah, tapi iklim perburuhan tetap harus dijaga," katanya.

Terkait hal ini, ekonom Standard Chartered, Eric Sugandi mengakui, saat ini memang ada pergeseran sektor lapangan usaha atau pekerjaan dari pertanian ke sektor jasa. Namun, pergeseran ini tidak akan memberikan kontribusi signifikan, jika pekerja di dalamnya tidak memiliki nilai lebih.

"Dari sisi lapangan usaha yang banyak mendorong pertumbuhan memang dari sisi padat modal seperti trd, hotel, restoran," ujarnya. [ast]

Sumber : Inilah, 06.12.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar