02 Juli 2013

[020713.ID.BIZ] Tahun Ini PT KAI Tambah 180 Unit Kereta Api

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Seiring dengan diberlakukannya tarif progresif pada transportasi kereta api di Jabodetabek, tahun 2013 ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan akan ada penambahan unit kereta api untuk menampung lebih banyak penumpang.

"Tahun lalu penumpang mencapai 140 juta orang. Tahun ini diharapkan ada 195 juta orang, tetapi tidak dalam arti berdesak-desakan," tutur Ignasius Jonan, Direktur Utama PT KAI pada konferensi pers peluncuran E-Ticketing dan penerapan tarif progresif di Stasiun Manggarai, Jakarta Senin (1/7/2013).

Jonan menambahkan, PT KAI akan menyiapkan dan mendatangkan kereta-kereta dari Jepang. Penambahan diperkirakan sebanyak 180 unit, 20 persen dari total jumlah kereta yang beroperasi saat ini.

"Kita berhitung itu bisa menambah kapasitas angkut, sehingga tidak usah dikhawatirkan terjadi kemacetan, atau (penumpang) berjubel di dalam kereta," papar Jonan.

Namun menurut Jonan, penambahan frekuensi berjalannya kereta berkonsekuensi pula pada masalah perlintasan sebidang. "Nah, ini kita berharap ada kerja sama antara DKI dengan Kementerian PU (Pekerjaan Umum), bagaimana membangun flyover atau perlintasan yang tidak sebidang," kata Jonan.

Sumber : Bisnis indonesia, 01.07.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar