07 Juli 2013

[070713.ID.BIZ] Moody’s Menyorot Tiga Bank Bermasalah Di Spanyol

NEW YORK. Moody's men-downgrade tiga bank yang telah dinasionalisasi dan melempar peringkat utang mereka ke level sampah atau junk bond.

Ketiga bank itu adalah Bankia, Catalunya Banc dan NovaCaixaGalacia. Kualitas aset ketiganya dihitung sangat lemah, profit yang didapat juga sangat tipis. Selain itu, ketiga bank tersebut dihadapkan pada permasalahan efisiensi seperti menurunkan jumlah utang, menutup cabang dan mengurangi jumlah staf.

Lembaga pemeringkat yang berbasis di New York tersebut menyatakan masih menghitung sejauh mana dukungan pemerintah Spanyol pada bank yang di-downgrade.

Tapi Moody's yakin, pemerintah akan mulai membatasi diri dalam menopang ketiganya agar tidak roboh. Namun, hal itu sekaligus menjadi pertanda bahwa risiko pembagian beban kerugian pada investor swasta akan semakin tinggi.

Tahun lalu, Uni Eropa sepakat mengucurkan dana penyelamatan dengan nilai 100 miliar euro untuk bank-bank Spanyol. Dana tersebut bertujuan untuk menyehatkan perbankan akibat kredit macet yang ditimbulkan oleh ledakanbubble properti pada 2008.

Pemerintah Spanyol menasionalisasi empat bank terlemah yakni Bankia, Catalunya Banc, NovaCaixaGalicia dan Banco de Valencia.

Peringkat Bankia di-downgrade dua takik ke B1 dari Ba2, Catalunya Banc dan NovaCaixaGalicia turun dua tingkat menjadi B3 dari B1. Ketiga bank diberioutlook negatif, yang berarti peringkat mereka bisa diturunkan lagi dalam jangka menengah.

Sumber : Tempo – Sydney Morning Herald, 05.07.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar