06 September 2014

[060914.ID.OTH] 6 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Instagram

Platform media sosial sangat digandrungi masyarakat Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia yang mengakses website media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Media sosial terakhir yang disebutkan terbilang cukup unik. Melalui platform tersebut, Anda dapat secara spesifik saling berbagi gambar dan video ke teman-teman. Anggaplah media sosial ini sebuah platform bagi Anda untuk memamerkan sisi kreatif fotografi dan videografi.
Instagram didirikan pada tahun 2010 dan secara cepat meraih popularitas. Pada tahun 2012, mereka sanggup membukukan jumlah pengguna aktif sebanyak 100 juta. Melihat hal tersebut, Facebook tergiur untuk mengakuisisi mereka dan kini Instagram telah menjadi bagian Facebook dengan mahar sebesar USD 1 miliar atau sekitar Rp 9,5 triliun kala itu – bayangkan apa yang bisa Anda beli dengan uang sebanyak itu.
Sebelum Anda menggunakan layanan yang mempunyai valuasi fantastis ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Baik itu cara menggunakan filter yang benar, etika ketika melakukan posting, atau tujuan Anda menggunakan Instagram itu sendiri. Tech in Asia kali ini akan memberi tahu hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar Instagram.

1. Kuasai filter sebelum filter menguasai Anda
Pengguna Instagram mempunyai kecenderungan untuk menggunakan filter yang sama berulang-ulang. Sebenarnya ini lebih ke faktor kecenderungan karena jika Anda sudah menyukai sebuah efek filter, Anda akan menerapkannya di dalam foto-foto yang diambil. Ubah hal tersebut. Bereksperimen dengan berbagai filter yang cocok dengan suasana dan mood foto yang Anda ambil.
Merasa tidak puas dengan filter yang ada di dalam Instagram? Gunakan aplikasi pihak ketiga sepertiMix dari pengembang aplikasi Camera360 atau aplikasi lain seperti Snapseed dan Photoshop Mobile.

2. Satu untuk semua dan semua untuk satu
Integrasikan semua akun sosial yang Anda miliki ke dalam Instagram. Hal ini untuk mempermudah eksposur yang akan didapatkan oleh ‘karya seni’ Anda. Selain cross-posting ke media sosial seperti Facebook dan Twitter, Anda dapat mengirim juga ke Foursquare, Tumblr, Flickr, dan VK (Facebook-nya Rusia).
Perlu dicatat bahwa foto yang Anda upload ke Instagram tidak dilindungi oleh hak cipta apapun. Disebutkan dalam syarat dan ketentuan Instagram, Gambar yang Anda miliki dapat secara bebas digunakan kecuali jika Anda mengatur profil Anda sebagai profil “private”.

3. Dapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari biaya sekecil-kecilnya (dalam hal ini gratis)
Instagram dapat Anda gunakan sebagai lahan bisnis yang cukup subur. Dengan jumlah pengguna di Indonesia yang sangat banyak, Anda dapat menggunakan Instagram sebagai sarana berjualan tanpa harus membayar biaya marketing. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat sebuah foto produk yang sangat keren!
Buat akun dengan nama yang sangat menarik. Setelah melakukan hal tersebut, masukkan keterangan mengenai usaha yang Anda miliki di kolom Bio dengan singkat, jelas, dan padat. Sertakan juga alamat usaha serta nomor telepon yang Anda miliki untuk semakin meyakinkan calon pembeli. Jika Anda sudah mempunyai website, masukkan alamat website ke dalam profil Instagram Anda. Dan terakhir, masukkan foto profil yang tidak kalah keren dengan produk yang ingin Anda jual.

4. Tahan keinginan Anda untuk terus mem-posting foto selfie
Kami mengerti bahwa Anda tampan/cantik. Semua orang sudah mengetahui hal tersebut. Namun, kami tidak harus selalu diingatkan tentang hal tersebut setiap jam, bukan? Tahan keinginan Anda untuk memenuhi timeline profil Anda dengan foto berisi muka close-up.
Selain itu, kendalikan penggunaan hashtag (#) dalam gambar Anda. Banyak pengguna Instagram mencari gambar yang mereka inginkan melalui fitur ini. Jadi, gunakan seperlunya dan tentunya,hashtag tersebut harus relevan dengan gambar yang Anda miliki.

5. Follow akun berkualitas
Ada banyak sekali akun selebritis di Instagram. Namun, ada banyak juga akun Instagram yang menjadi selebritis atau yang biasa disebut Selebgram, karena kualitas yang ada di dalam timeline profilnya. Sebagai contoh, jika Anda senang dengan video guyonan, follow akun seperti@chandraliow. Atau mungkin Anda hanya ingin melihat kumpulan foto keren orang yang sedang melayang di udara? Follow @levinetix. Ada banyak akun lain yang dapat Anda follow di dunia Instagram. Temukan yang sesuai dengan preferensi Anda.

6. Orisinalitas adalah yang terpenting
Mungkin suatu saat (atau mungkin sudah?) Anda akan menemukan sebuah gambar yang sangat keren sehingga menggoda untuk diposting ulang dan diakui sebagai gambar hasil jepretan Anda. Jangan! Meskipun Instagram tidak membatasi konten pengguna yang ada di dalamnya, tunjukkanlah sedikit rasa hormat kepada sang peng-upload orisinil.

Ketika Anda sudah mengenal Instagram lebih dalam, maka penggunaannya akan semakin mudah dan jangkauannya pun akan semakin luas. Daftar ini tidak akan berhenti di sini, Tech in Asia akan terus mengupdate artikel ini ketika menemukan hal keren lain tentang Instagram.
Sumber : Tech in Asia -Diedit oleh Lina Noviandari, 04.09.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar