30 September 2014

[300914.ID.BIZ] Proyek Ambisius Mitsubishi



KATADATA – Mitsubishi akan membangun pabrik kedua di Indonesia yang akan berlokasi di GIIC Deltamas Bekasi - Jawa Barat, dengan luas pabrik sekitar 50 hektar. Pabrik kedua ini memerlukan investasi Mitshubishi sebesar Rp 7,2 triliun. Belum termasuk investasi yang dikeluarkan untuk industri komponen pendukungnya. Hal ini dilakukan agar Mitsubishi tidak tertinggal dengan pesaingnya yang telah terlebih dahulu meningkatkan kapasitas produksi per tahun dengan membangun lebih dari 1 pabrik di Indonesia.

Sepanjang tahun 2006 – 2014, Mitsubishi telah menanam modal hingga US$ 7 miliar. Selama itu, Mitsubishi lebih menggarap bisnis otomotif untuk pasar kendaraan niaga. Menurut Duljatmo, Operation General Manager of Mitsubishi Motor Corporation Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, untuk investasi kali ini akan lebih fokus pada mobil penumpang. Saat ini, Mitsubishi menduduki peringkat ke-5 sebagai brand otomotif yang menguasai 12% pasar Indonesia.

Brand pesaing seperti Daihatsu, Nissan dan Honda tahun ini sudah mulai memproduksi mobil dengan dibantu pabrik baru. Daihatsu malah memiliki hingga 5 buah pabrik produksi dan perakitan yang tersebar di wilayah Karawang dan Sunter dengan total kapasitas produksi terbesar yaitu hingga 460 ribu unit kendaraan per tahun. 

Sementara brand Suzuki, Toyota dan Isuzu sudah melakukan groundbreaking untuk pembangunan pabrik baru yang akan selesai pembangunanya di tahun 2015 - 2016. Sementara Hino, belum ada rencana lebih lanjut dalam membangun pabrik di Indonesia. Brand – brand diatas, bersama dengan Mitsubishi, menjadi brand Jepang yang menguasai 95% industri otomotif tanah air.

Sumber : KataData, 30.09.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar