01 Juni 2015

[010615.ID.BIZ] Proyek Infrastruktur: Pemerintah Perlu Prioritaskan Swasta Nasional

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah diharapkan lebih proaktif mengkomunikasikan proyek-proyek infrastruktur strategis kepada kalangan investor swasta nasional untuk mendorong keterlibatan swasta nasional dalam pendanaan proyek infrastruktur.

Peneliti Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Kadin Indonesia Ina Primiana mengatakan minimnya peran swasta dalam investasi proyek infrastruktur pemerintah sejauh ini tidak terlepas dari proses sosialisasi dan persiapan untuk penawaran proyek yang tidak berjalan efektif.

Sejumlah kalangan swasta dengan demikian tidak memiliki informasi yang cukup tentang peluang-peluang investasi dari proyek-proyek pemerintah. Di sisi lain, pemerintah tidak jarang melepas proyek-proyek infrastruktur strategis kepada investor asing tanpa kebijakan tegas pelibatan mitra dalam negeri.

”Apakah sudah jelas bahwa swasta kita tidak mau? Seperti tidak demikian. Ada beberapa pengusaha yang justru merasa tidak pernah diajak dan diberi penjelasan soal peluang investasi infrastruktur pemerintah,” katanya saat dihubungi, Senin (1/6/2015).

Ina mengatakan pemerintah perlu memastikan sebuah proyek investasi diprioritaskan kepada swasta nasional. Hanya jika kalangan dalam negeri tidak mampu menangani proyek tersebut, barulah ditawarkan kepada asing. Itu pun dengan keharusan bagi asing untuk menggandeng mitra dalam negeri agar terjadi transfer pengetahuan dan teknologi.


Sumber : Bisnis Indonesia, 01.06.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar