09 Oktober 2015

[091015.ID.BIZ] Paket Kebijakan Ekonomi: Semakin Fokus dan Tajam, Kata Rizal Ramli

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menilai paket kebijakan ekonomi tahap I, II dan III yang dikeluarkan pemerintah beberapa waktu lalu semakin fokus dan tajam.

"Paket-paket ini semakin lama semakin tajam, semakin fokus dan semakin ada dampaknya," katanya seusai melakukan orasi dalam peringatan Dies Natalis Universitas Jayabaya di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Meski besaran nilainya masih diperdebatkan, mantan Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid itu menilai paket yang ada perlu diapresiasi.

"Yang penting sudah ada niat agar rakyat juga merasakan. Jangan hanya paket buat pengusaha doang," katanya.

Pemerintah pada Rabu, mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang melengkapi dua paket kebijakan yang dikeluarkan pada September lalu.

Dalam dua paket kebijakan terdahulu, pemerintah fokus melakukan deregulasi guna memperbaiki iklim usaha dan mempermudah perizinan usaha di Indonesia.

Paket kebijakan ekonomi tahap III fokus pada tiga wilayah kebijakan yaitu mengenai penurunan tarif bahan bakar minyak, listrik dan gas; penyederhanaan izin pertanahan untuk kepentingan investasi; serta perluasan penerima kredit usaha rakyat (KUR).

"Dengan penurunan ini, tentu membantu. Memang tidak sebesar yang diharapkan. Mudah-mudahan tahap berikutnya ada manfaat yang lebih besarnya," kata Rizal.


Sumber : Bisnis Indonesia, 08.10.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar