09 November 2015

[091115.ID.BIZ] Mendag Prihatin Lihat Kondisi KEK Bitung

Jakarta - Menteri Perdagangan Thomas Lembong prihatin menyaksikan pembangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung di Sulawesi Utara. Dia menilai, KEK Bitung masih karena terkendala pembebasan lahan serta ketersediaan infrastruktur kelistrikan dan transportasi yang minim.

"Jadi, kalau di Sulawesi Utara, jelas sekali listrik. Jelas sekali, masalah listrik sudah bertahun-tahun. Sudah terkenal, di Manado, Sulawesi Utara tiap hari, tiap minggu padam listrik," kata Mendag di Halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/11).

Mendag bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja lainnya dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas tentang berbagai persiapan delegasi Republik Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Turki, 15-16 November.

Dia mengatakan, pada Paket Kebijakan Ekonomi Tahap VI, masalah KEK menjadi perhatian serius pemerintah. Diakunya, sudah mengecek langsung kondisi sebenarnya di lapangan, khususnya di KEK Bitung. Setiap daerah, katanya memiliki kendala yang berbeda terkait KEK.

"KEK itu kan inti dari pada Paket Kebijakan Ekonomi Tahap VI. Jadi saya ada perjalanan dinas ke Manado, Bitung, dan Tomohon, sekalian mengunjungi pelabuhan dan KEK," katanya.

Menurut Mendag, selama berada di Manado, juga menyaksikan pola pelayaran untuk KEK Bitung.

"Untuk KEK, transportasi harus jalan untuk barang masuk, untuk barang keluar. Jadi, bahan baku harus bisa masuk dan produk harus bisa keluar. Itu ditentukan pelayaran, jadi pelayarannya kemana saja," katanya.


Sumber : Berita Satu, 09.11.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar