22 November 2015

[221115.ID.BIZ] Infrastruktur: China Tawarkan Pinjaman US$10 Miliar Untuk Asean

Bisnis.com, JAKARTA -- China menawarkan pinjaman infrastruktur senilai US$10 miliar untuk negara-negara Asia Tenggara, demikian yang disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri China, Liu Zhenmin.

China juga berencana memberikan bantuan senilai US$560 juta kepada negara-negara yang terkebelakang anggota Asean pada tahun depan. Liu mengungkapkan hal itu walaupun tidak memberikan rincian bank mana yang akan memberikan pinjaman tersebut.

Seperti dikutip Trust.org, China memberikan janji tersebut dalam rangka memperluas pengaruhnya ke dalam negara-negara berkembang, termasuk di Asia Tenggara. "AIIB memenangkan dukungan dari Asia dan Eropa Barat pada tahun ini meskipun ada respon ambivalen dari Amerika Serikat," demikian Trust.org, Minggu (22/11/2015).

AIIB dibuat untuk menyaingi Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia terkait dengan proyek-proyek pembangunan di Asia. Amerika Serikat yang memperingatkan negara-negara ketika ingin bergabung ke AIIB, menyatakan kekhawatirannya terhadap betapa besarnya pengaruh China dalam lembaga baru itu.

Walaupun demikian, China mengatakan pihaknya tak akan memiliki hak veto, tidak seperti yang terjadi pada Bank Dunia. Di dalam lembaga multilateral itu, AS memiliki hak veto terbatas.

Sumber : Bisnis Indonesia, 22.11.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar