03 Februari 2016

[030216.ID.BIZ] Susul Bandung, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Sedang Dikaji


JAKARTA : Proyek kereta Cepat Jakarta-Surabaya diharapkan segera terlaksana, menyusul pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan memulai ground breaking.

Direktur Transportasi Badan Perencaaan Pembangunan (Bappenas), Bambang Prihantono mengatakan, saat ini proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya sudah dalam tahap pra feasibility study atau dalam proses pengkajian.

“Kita lihat dulu demandnya. Karena untuk bangun High Speed Railways (HSR) kajiannya harus pendapatan per kapita masyarakat Indonesia sudah di atas US$ 10 ribu,” kata Bambang.

Menurutnya, dengan dibangunnya kereta cepat Jakarta-Bandung, diharapkan terjadi kebangkitan dalam perekonomian Indonesia sehingga dapat segera menyusul pembangunan proyek kereta cepat yang menghubungkan Jakarta-Surabaya.

“Setelah Jakarta-Bandung selesai, rute kereta api cepat itu didesain berlanjut ke Cirebon-Semarang-Surabaya. Jika dalam 3 tahun proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bisa beres maka selanjutnya akan bagus,” ungkap Direktur Eksekutif Infrastructure Partnership & Knowledge Center (IPKC) Harun Al Rasyid Lubis.

Sumber : Tempo, 21.01.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar