10 Februari 2016

[100216.ID.BIZ] Eximbank Biayai Ekspor Gerbong Kereta PT Inka


JAKARTA. Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor Indonesia (LPEI) atau Eximbank memberikan fasilitas pembiayaan ke PT Industri Kereta Api (Inka). Eximbank membiayai ekspor gerbong kereta api Inka ke Bangladesh.

Hal tersebut merujuk pada Keputusan Menteri Keuangan No 1156/KMK.08/2015 tentang penyediaan fasilitas pembiayaan atas program ekspor gerbong kereta penumpang ke Bangladesh.

Eximbank akan menyalurkan pembiayaan ke Inka dengan total nilai sebesar Rp 300 miliar. Secara bertahap, kemarin (9/2) Inka telah mendapatkan pembiayaan Rp 270 miliar dari Eximbank.

Sebagai informasi, pembiayaan menggunakan skema penugasan khusus ekspor atau National Interest Accoint (NIA). Sebab ekspor ke negara non tradisional market ini secara komersial kurang feasible dan berisiko dalam pembiayaan.

Ngalim Sawega, Direktur Eximbank menjelaskan, proyek ekspor gerbong kereta api (KA) memiliki nilai strategi bagi PT Inka.

"Jika pelanggan puas, Indonesia menjadi showroom yang efektif untuk memasuki pasar negara Asia Tengah seperti Pakistan, Srilanka, Asia Tenggara dan Timur Tengah," kata Ngalim, Rabu (10/2) dalam keterangan tertulisnya.

Sumber : Kontan, 10.02.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar