01 April 2016

[010416.ID.BIZ] KAI Siapkan 35 Kereta Bagasi, Bisa Angkut 15 Ribu Kendaraan Roda Dua


JAKARTA: Menyambut Lebaran yang jatuh pada Juli mendatang, PT KAI menggandeng Kemenhub menyediakan kereta angkutan motor gratis bagi pemudik. Upaya itu dipercaya bisa mengurangi kepadatan dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

VP Public Relations PT KAI Agus Komarudin mengatakan, angkutan itu dioperasikan selama 6 hari saat arus mudik, 28 Juni-3 Juli 2016. Selanjutnya, kembali dijalankan selama 7 hari saat arus balik pada 10-16 Juli 2016.

"KAI akan menyiapkan 35 kereta bagasi tahun ini. Perinciannya, 14 kereta bagasi digunakan untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan 1, dan 7 kereta bagasi untuk lintas selatan 2," kata Agus.

Ia menjelaskan, untuk lintas utara, kereta akan berangkat dari Sta Jakarta Gudang hingga Jatim. Stasiun pemberhentian meliputi Cirebon-Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, dan Babat.

Untuk lintas selatan 1, yakni Sta Jakarta Gudang tujuan Sta Kutoarjo, berhenti di Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo. Sedangkan untuk lintas selatan 2, rutenya Sta Jakarta Gudang menuju Sta Kediri, berhenti di Lempuyangan, Klaten, Solo-Jebres, Madiun, dan Kertosono.

"Kami targetkan bisa mengangkut 15.834 motor, meningkat dari tahun lalu yang hanya 9.900 motor," kata Agus.

Diterangkannya, saat ini KAI sudah membuka pendaftaran bagi calon pemudik yang ingin menikmati fasilitas ini dengan melakukan pendaftaran di Sta Jakarta Gudang dan Sta Pasar Senen, Jakarta pkl 08.00 -18.00 WIB dengan membawa KTP, SIM, STNK asli yang masih berlaku beserta masing-masing 3 lembar fotokopiannya.

Bagi calon penumpang yang melakukan pendaftaran pada 8 Maret-6 Mei 2016 akan mendapat fasilitas pembelian tiket penumpang selama persediaan masih ada dengan maksimal pembelian tiket untuk 3 penumpang (2 dewasa, 1 anak maksimal usai 11 tahun) untuk 1 unit motor.

Sumber : Rakyat Merdeka, 22.03.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar