10 April 2016

[100416.ID.BIZ] Pelabuhan Jayapura Mulai Ekspor Barang Langsung

Jayapura - Pelabuhan Jayapura, Kota Jayapura, Provinsi Papua mulai mengekspor barang secara langsung ke negara tujuan, yang diawali pengiriman kayu olahan sebanyak 40 kontainer ke Tiongkok.

"Kalau pelabuhan maju maka dengan sendirinya ekspor akan berjalan. Dengan adanya ekspor langsung akan menghemat waktu minimal 10 hari, karena selama ini harus melewati Surabaya dan Jakarta," ujar Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung, di Jayapura, Sabtu.

Ia mengakui, pengiriman kali ini masih harus melewati Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, karena kapasitas volume barang yang dikirim dari Papua masih belum mencukupi untuk sebuah kapal ekspor beroperasi ke negara tujuan.

"Sekarang kita masih lewat Pelabuhan Makassar, tapi kalau sudah ada lebih 100 kontainer maka Pelindo akan mengirim kapal langsung," katanya.

Agung pun berharap agar setelah ini komoditi ekspor lain yang ada di Papua bisa terus ditingkatkan agar pemenuhan volume kapal ekspor bisa segera dipenuhi.

"Saya harap dengan program ini, bisa mewujudkan visi misi gubernur. Kalau semua lancar maka dalam satu tahun semua bisa diwujudkan," ujarnya lagi.

Ditambahkannya, Pelindo akan terus mendorong semua pihak yang terlibat untuk bisa bekerja sama dalam mewujudkan hal tersebut.

"Dengan kordinasi yang baik, maka tidak sampai satu tahun maka kita bisa ekspor langsung ke Tiongkok, Korea, Jepang, dan Hong Kong," kata Agung.

Sumber : BeritaSatu, 09.04.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar