01 Juli 2010

[010710.ID.BIZ] Peringkat Spanyol Mungkin Diturunkan

Laporan wartawan KOMPAS Haryo Damardono

MADRID, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional, Moody`s, Rabu (waktu setempat) mengingatkan adanya kemungkinan untuk menurunkan lagi peringkat kredit Spanyol.

Peringatan dari Moody tersebut, dinilai turun andil menyeret turun indeks saham Nikkei hingga 0,91 persen ke posisi 9.296 pada lima menit pertama perdagangan pada hari Kamis (1/7/2010) ini.

Keuangan Spanyol, memang agak terganggu sejak runtuhnya properti di sana, kemudian tingkat pengangguran yang telah mencapai lebih dari 20 persen, serta defisit anggaran hingga dua digit.

Fakta melemahnya perekonomian di Spanyol, telah pula membangkitkan kekhawatiran investor yang sebelumnya terusik dengan kondisi keuangan di Yunani.

Di bawah tekanan Komisi Eropa, Spanyol telah mengetatkan defisit anggaran, meski dapat memengaruhi perlambatan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Spanyol telah berkomitmen penuh untuk mengurangi defisit anggaran, kata Soledad Nunez, Menteri Keuangan Spanyol, dalam sebuah wawancara.

Moodys mengatakan, peringkat Spanyol kemungkinan akan diturunkan satu hingga dua peringkat. Kathrin Muehlbronner, kepala analis untuk Spanyol mengatakan, pertumbuhan ekonomi Spanyol ternyata lebih lemah dari negara lain pada level A.

Sumber : Kompas, 01.07.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar