23 Juli 2010

[230710.ID.BIZ] GM Akuisisi AmeriCredit US$ 3,5 Miliar


DETROIT (AP): General Motors Co (GM) berpeluang meningkatkan fasilitas kredit kendaraan bermotor menyusul akuisisi terhadap perusahaan pembiayaan AmeriCredit Corp senilai US$3,5 miliar.
Namun di sisi lain, produsen otomotif tersebut juga harus siap menghadapi risiko terjadinya kasus gagal bayar oleh konsumen.

Chief Financial Officer (CFO) GM Chris Liddell mengatakan GM kehilangan kesempatan meningkatkan penjualan akibat banyaknya konsumen di Amerika Serikat (AS) yang menunggak cicilang utang.

Sebanyak 40% konsumen di AS tercatat sering dengan menunggak cicilan utang, di mana mereka masuk dalam skala di bawah 620. Skala kredit di AS berkisar antara 300 hingga 850.

"Kini saatnya untuk mengajak lebih banyak konsumen mengunjungi showroom dan memberikan mereka fasilitas kredit kendaraan bermotor," ujarnya hari ini.

Menurut Liddell, selama ini penjualan produk GM yang melalui fasilitas kredit hanya 7%, lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata industri yang mencapai 21%.

Sementara itu, hanya 4% dari total debitur yang benar-benar mampu mengangsur cicilan utang. Konsumen inilah yang menjadi target utama GM setelah mengakuisisi AmeriCredit Corp.

"Jika angka 4% itu bisa dinaikkan menjadi 5%, itu sudah bagus," tutur Liddell.

GM berhasil membukukan penjualan 1 juta unit di AS pada semester I tahun ini.

GM akan mengeluarkan dana US$3,5 miliar untuk mengakuisisi AmeriCredit dengan harga pembelian saham US$24,5 per unit, 24% di atas harga penutupan pasar pada Rabu.

AmeriCredit telah menjalin kerja sama dengan GM sejak beberapa tahun lalu, dan melayani pembiayaan kendaraan di 11.000 diler GM di seluruh AS. (wiw)

Sumber : Bisnis Indonesia, 23.07.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar