28 Juli 2010

[280710.ID.SEA] 3 Pelabuhan Perlu Dijadikan Hub Internasional

JAKARTA (Bisnis.com): Pemerintah diminta mengembangkan tiga pelabuhan sebagai hub internasional di kawasan barat, timur dan tengah Indonesia menyongsong integrasi masyarakat ekonomi Asean.

Wakil Ketua Komite Tetap Perhubungan Laut dan Kepelabuhanan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Anwar Sata mengatakan dari tiga hub itu, pelabuhan Tanjung Priok seharusnya menjadi pelabuhan pertama yang dikembangkan.

Sebab, katanya, fasilitas pelabuhan internasional itu dinilai yang paling lengkap dibandingkan pelabuhan lain di Indonesia. "Selain itu, 60% ekspor dan impor Indonesia melalui Tanjung Priok," katanya kepada Bisnis, hari ini.

Menurut dia, Indonesia memerlukan tiga pelabuhan sebagai hub internasional yang tersebar di barat, timur dan tengah Indonesia dengan memasukkan Tanjung Priok sebagai hub pertama.

Berdasarkan dokumen rencana cetak biru logistik nasional, pemerintah menetapkan tiga pelabuhan yang akan dikembangkan sebagai hub internasional.

Ketiga pelabuhan itu adalah Batam atau Sabang di Barat, Tanjung Perak atau Tanjung Emas di Tengah dan Benoa atau Balikpapan di Timur Indonesia.

Anwar menjelaskan penetapan tiga pelabuhan sebagai hub internasional sesuai rekomendasi cetak biru logistik sudah tepat. "Justru sekarang pertanyaannya kapan kita mau mulai mengembangkan pelabuhan hub tersebut," tegasnya. (mrp)

Sumber : Bisnis Indonesia, 16.07.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar