24 November 2010

[241110.ID.SEA] Pelindo II Ubah Rencana Induk Pengembangan Priok

JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) mengajukan perubahan rencana induk (master plan) pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.


Perubahan master plan itu dilakukan untuk memuluskan rencana perluasan pelabuhan yang digagas Pelindo II ke arah utara guna membangun terminal peti kemas baru.


Terminal peti kemas baru ini diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan arus transportasi kargo dalam 5--10 tahun ke depan.


Bay M Hasani, Kepala Bidang Kepelabuhanan dan Angkutan Laut Adpel Tanjung Priok, mengatakan keinginan revisi master plan Pelabuhan Priok itu telah disampaikan manajemen Pelindo II kepada Adpel Tanjung Priok untuk diteruskan kepada Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub.


“Rencana perubahan master plan itu disampaikan langsung melalui surat yang ditandatangani Dirut Pelindo II RJ Lino, pekan lalu. Namun, sampai saat ini kami masih membahas secara internal,” ujarnya kepada Bisnis hari ini.


Bay mengatakan rencana pengembangan fasilitas terminal peti kemas baru di Pelabuhan Priok masih harus dikaji secara mendalam terutama berkaitan dengan pemenuhan aturan international ship and port security (ISPS code).


“Kami sedang mengkaji dari aspek ISPS code sebab menurut rencana penyiapan terminal baru dilakukan dengan cara reklamasi dan harus disiapkan akses jalan layang di atas pelabuhan,”tuturnya. (arh)


Sumber : Bisnis Indonesia, 23.11.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar