25 November 2010

[251110.ID.SEA] Pelindo II Integrasikan Sistem Informasi Online Pelabuhan

JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia II akan menerapkan information communication technologi (ICT) dalam proses pelayanan jasa kapal dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok.


"Penerapan ICT dilakukan melalui kerjasama dengan Telkom guna mempercepat pelayanan jasa kepelabuhanan ," ujar Richard Jose Lino, Dirut PT Pelindo II, kepada Bisnis hari ini.


ICT itu, kata dia, akan diterapkan secara bertahap di semua pelabuhan yang dikelola Pelindo II Sehingga perusahaan pengguna jasa dapat dengan mudah dan cepat melakukan permintaan pelayanan jasa kapal dan barang serta transkasi pembayaran melalui sistem komputer.


Menurut Lino, penerapan ICT itu selain mampu mempercepat pelayanan juga dapat memantau dan mengawasi proses pelayanan baik oleh perusahaan pengguna jasa maupun oleh manajemen Pelindo II.


Asisten Manager Pelayanan Pelanggan & Humas, PT PT Pelindo Cabang Tanjung Priok, Hambar Wiyadi menambahkan proses pertukaran data mampu mempercepat proses pelayanan dokumen sehingga dapat membantu kelancaran arus kapal dan barang.


Selain itu, kata dia, teknologi ini juga dapat menghindari terjadi kontak antara petugas pelayanan dengan pengguna jasa dalam memberikan pelayanan jasa kepelabuhanan serta menghindari adanya biaya tidak resmi alias pungli di dalam transaksi pembayaran.


Dia mengatakan sistem ICT akan online di Pelabuhan Tanjung Priok sehingga seluruh biaya jasa kepelabuhanan secara jelas dan transparan dapat diketahui oleh pengguna jasa sesuai dengan jenis dan biaya pelayanan yang dibebankan kepada pelanggan. (arh)


Sumber : Bisnis Indonesia, 24.11.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar