13 Juli 2011

[130711.ID.SEA] INSA Agar Pacu Industri Pelayaran Nasional

JAKARTA:  Kementerian Perhubungan meminta Indonesian National Shipowners’ Association atau INSA dapat berperan strategis dalam mewujudkan industri pelayaran nasional yang tangguh.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan peran strategis INSA sebagai mitra strategis pemerintah sangat penting terutama dalam mewujudkan program perberdayaan industri pelayaran nasional.

Menurut dia, industri pelayaran nasional harus dikembangkan menjadi memiliki daya saing sehingga mampu menjadi tuan di negeri sendiri dengan melaksanakan asas cabotage secara konsisten dan mulai menyusun strategi beyond cabotage.

“Pelayaran nasional ke depan agar berperan lebih besar di tingkat global,” katanya ketika dimintai tanggapannya mengenai rapat umum anggota (RUA) INSA yang ke-15 di Jakarta, hari ini.

Seperti diketahui, sejumlah nama mengapung untuk meramaikan bursa pencalonan Ketua Umum INSA periode 2011—2014 pada Rapat Umum Anggota (RUA) yang ke-15 di Jakarta yang akan digelar pada 21—23 Juli 2011.

Mereka adalah Johnson W. Sutjipto, Ketua Umum INSA periode 2008—2011, Carmelita Hartoto yang tercatat sebagai Ketua Komite Tetap Perhubungan Laut Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang juga Direktur Utama PT Andhika Lines.

Kandidat lainnya adalah Lukman Ladjoni, Anggota Bidang Roro dan Penumpang  INSA sekaligus Pemilik PT Surya Bintang Timur, serta Paulis A. Djohan yang tercatat sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Keanggota INSA serta Direktur Utama PT Era Indoasia Fortune.

Johnson W. Sutjipto mengatakan  Ketua Umum INSA periode 2011—2014 yang akan datang mendapatkan kehormatan untuk memimpin FASA (Federation of Asean Shipowners’ Association) hingga Desember 2011.

Menurut dia, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara Annual General Meeting (AGM) ke-39 di Jakarta, pada 9 Desember 2011. “Ini sebuah kehormatan bagi Ketua Umum INSA periode 2011—2014.”

Mengenai kandidat, dia mengatakan dirinya memberikan dukungan kepada semua calon yang akan maju sebagai kandidat dalam RUA Juli ini. “Pemilik kapal sesuai AD/ART INSA memiliki hak dipilih dan memilih,” katanya. (arh)

Sumber : Bisnis Indonesia, 13.07.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar