15 Juli 2011

[150711.ID.LAN] KAI Belum Kantongi Komitmen Bank Terkait KA Bandara

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia mengklaim belum memiliki komitmen dengan perbankan terkait pendanaan untuk proyek pembangunan rel yang menghubungkan Jakarta dengan Bandara International Soekarno-Hatta, Tangerang, yang nilai investasinya diperkirakan mencapai Rp2,25 triliun.

Direktur Utama KAI Ignatius Jonan mengatakan sumber pendanaan rel kereta ke Bandara mayoritas akan berasal dari pinjaman perbankan. Sayangnya, dia masih enggan menyebutkan berapa besaran pasti pinjaman dan identitas bank mana saja yang akan membantu pendanaan proyek tersebut.

“Dana ada pinjaman perbankan. Belum ada komitmen. Dari estimasi Rp2,25 triliun dari perbankan mestinya 85%,” ujar Jonan yang ditemui di Kantor Menteri Perekonomian, hari ini.

Menurut Jonan, estimasi Rp2,25 triliun hanya untuk pembangunan single trek alias satu rel saja. Jika nantinya pembangunan akan ditingkatkan menjadi dobel trek, maka besar pendanaannya akan meningkat untuk pembangunan rel yang panjangnya sekitar 30 km.

Nantinya, pengoperasian dan kepemilikan kereta bandara, kata Jonan, akan dipegang KAI sendiri. Akan tetapi, untuk pembangunannya KAI akan menggandeng kontraktor.

“Kontraktor belum, kan Perpresnya saja belum. Kalau yang lewat Tangerang langsung di tunjuk KAI. Kalau yang lewat Pluit belum tahu tergantung keputusan pemerintah,” kata Jonan.(api)

Sumber : Bisnis Indonesia, 15.07.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar