30 Juli 2011

[300711.ID.SEA] Pelindo II Prakarsai Konsorsium Pelabuhan Sorong

JAKARTA: Konsorsium pembangunan pelabuhan hub regional di Kabupaten Sorong, Papua terbentuk menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman atau MoU hari ini.

Nota kesepahaman itu diteken masing-masing oleh Direktur Utama PT Pelindo II R.J Lino bersama perwakilan sejumlah perusahaan yang bergabung dalam konsorsium.

Sejumlah perusahaan yang bergabung adalah PT Samudera Indonesia, Tbk, PT Meratus Line, PT Tempuran Emas, Tbk, PT Pelindo IV, PT Salam Pasific Indonesia Lines, PT Tanto Intim Line dan PT Pembangunan Perumahan serta Pemkab Sorong.

Acara penandatangan MoU sendiri dilakukan di Kementerian Perhubungan yang disaksikan Menhub Freddy Numberi dan Dirjen Perhubungan Laut Leon Muhamad.

R.J Lino mengatakan pembangunan terminal peti kemas di Sorong akan menekan biaya pengiriman kontainer dari Jakarta ke daerah itu secara signifikan.

Dia menjelaskan biaya pengiriman satu TEUs peti kemas dari Tanjung Priok ke Jayapura mencapai Rp19 juta per TEUs. "Pelabuhan Sorong bisa menghemat biaya pengiriman secara signifikan," katanya di sela-sela acara penandatangan MoU.

Lino mengharapkan pembangunan terminal di Sorong itu diharapkan dapat dimulai pada 2011 dan ditargetkan bisa beroperasi di 2013.(sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 27.07.11 (Lagi, ngga sempat meng-kliping kemaren, ruepoooot).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar