02 Januari 2013

[020113.ID.SEA] Terminal Petikemas Semarang Tetapkan Pemenang Tender Proyek


JAKARTA—Direksi PT Pelindo III telah menetapkan pemenang lelang pembangunan dermaga dan lapangan penumpukan (container yard) terminal peti kemas Semarang (TPKS).

Proyek perluasan pelabuhan peti kemas Semarang dimenangi oleh perusahaan konsorsium  PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya dan PT Istana Putra Agung.

Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan pengerjaan proyek memperpanjang dermaga dan lapangan penumpukan pelabuhan peti kemas Semarang menelan biaya Rp235 miliar.

“Pemenang lelang pekerjaan pembangunan dermaga dan container yard di TPKS Semarang sudah ada surat penetapan dari Direksi [PT Pelindo III],” ujarnya kepada Bisnis hari ini, Selasa (1/1/2013).

Dia menjelaskan sebelumnya panitia lelang di Semarang telah memutuskan pemenang lelang perluasan dermaga dan lapangan penumpukan seluas 2,1 hektare.

Edi mengisahkan selama ini pelabuhan peti kemas Semarang hanya mampu menampung dua kapal peti kemas dengan panjang kapal 200 meter.

Dermaga di pelabuhan peti kemas Semarang saat ini berukuran 495 meter dan akan diperpanjang 105 meter. Dengan panjang dermaga 600 meter pelabuhan tersebut  bisa digunakan untuk sandar 3 buah kapal peti kemas.

Dia menjelaskan pada saat ini lapangan penumpukan di terminal peti kemas Semarang hanya mencapai  18,7 hektar.

Menurutnya pada 2013 pihaknya akan memperluas lapangan penumpukan kontainer menjadi 24 hektar. Lapangan penumpukan kontainer, tuturnya pada tahap awal telah mulai dikerjakan pada November 2012.

Lapangan penumpukan  seluas 3,2 hektar itu dikerjakan oleh konsorsium yang terdiri dari PT Wijaya Karya dan PT Modern Surya Jaya. Pembangunan lapangan penumpukan seluas 3,2 hektar itu menelen biaya Rp70 miliar. (sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 01.01.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar