06 Januari 2013

[060113.ID.BIZ] Semester I 2014 Kereta Bandara Soekarno Hatta Beroperasi


JAKARTA—Kementerian Perhubungan menyatakan semester satu 2014 jalur kereta api menuju Bandara Soekarno Hatta bisa beroperasi.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengatakan pembangunan tahap satu jalur kereta api ganda telah seleai dikerjakan pada akhir tahun 2012.

“Double track [jalur ganda KA] dari Duri-Jakarta [menuju Tangerang] pekerjaan fisik selesai pada 31 Desember 2012,” ujarnya di Jakarta, Kamis (3/1) .

Bambang mengatakan pembangunan tahap dua akan dimulai pada 2013 yang akan menghubungkan stasiun Batu Ceper menuju Bandara Soekarno Hatta.

Bambang menjelaskan pada tahap tiga akan dilakukan pembangunan stasiun kereta api dalam bandara Soekarno Hatta pada 2013.

Dia mengungkapkan total anggaran pembangunan dan pengadaan sarana kereta api bandara menelan biaya Rp5 triliun.

Proyek pengerjaan jalur kereta bandara tahap dua, tututrnya dalam proses tender dan sedang ditangani oleh PT KAI.

Pembangunan tahap III, paparnya,  meliputi pembangunan stasiun KA dan gedung parkir dalam bandara dikerjakan oleh PT Angkasa Pura II.

Lokasi gedung stasiun KA Bandara, imbuhnya berada ditengah terminal I dan II Bandara Soekarno Hatta.

Menurutnya pembangunan jalur kereta api menuju bandara Soekarno Hatta sebagai alternatif jika kondisi cuaca buruk dan untuk mengurangi kemacaten lalu lintas.

Dia menambahakan secara bertahap pada tahun 2016 dan 2017 pihaknya akan merencanakan pembangunan jalur KA Ekspress menuju bandara Soekarno Hatta.

Proyek jalur KA Ekspress itu, imbuhnya akan melibatkan pihak swasta melalui proses tender.  (faa)

Sumber : Bisnis Indonesia, 04.01.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar