04 Januari 2013

[040113.ID.LOG] Kemenhub : Pengalihan Truk Di Jalur Pantura Masih Dikordinasikan Lintas Kementerian


JAKARTA—Kementerian Perhubungan menyatakan masih membahas rencana pengalihan truk dengan beban berat pada jalur pantura pulau Jawa.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan pihaknya sedang mengkordinasikan rencana pengalihan truk menggunakan angkutan laut di jalur pantura Jawa.

Bambang menambahkan pihaknya sedang membicarakan pengalihan truk di pantura dengan Kementerian Pekerjaan Umum, kementerian perindustrian, kementerian perdagangan dan pihak kepolisian.

“Akan dibicarakan secara interdep dengan PU, perindustrian, perdagangan dan polisi,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (2/1).

Menuruntya kebijakan itu akan diberlakukan tergantung keputusan bersama kementerian terkait rencana pengalihan truk dari jalur pantura pada 2013.

Sekertaris Ahli Sistem Logistik Nasional, Nofrisal, mengatakan pihaknya mendukung rencana pengalihan truk dari jalur pantura menggunakan jalur laut karena sesuai Sislognas.

Nofrisal mengatakan dengan adanya pengalihan itu maka dapat menggunakan pelayaran jarak dekat (short sea shipping).

“[Penerapan] Short sea shipping yang penting kapal tersedia dan [infrasrtuktur] pelabuhan dan yang penting  kapal-kapal harus dibenahi,” katanya kepada Bisnis, Rabu (2/1).

Dia menjelaskan menggunakan jalur laut lebih murah dan dapat menurunkan biaya logistik.
Jika melalui jalur darat, tuturnya,  lebih mahal karena truk pengangkut harus menanggung biaya BBM dan ongkos-ongkos tambahan lainnya.

Menurutnya pemerintah perlu melakukan uji coba pengalihan truk di beberapa titik di jalur pantura agar dapat mengetahui tingkat keberhasilannya.

Dia juga mengharapakan pemerintah untuk konsisten dengan sistem logistik nasional dengan mennggunakan konsep short sea shipping, memperbaiki sistem, infrastruktur dan SDM. (Faa)

Sumber : Bisnis Indonesia, 03.01.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar