19 Januari 2013

[190113.ID.SEA] Pendulum Nusantara : Sistem Layanan Pelabuhan Akan Disamakan

JAKARTA: Pemerintah segera menyamakan sistem pelayanan antara dua pasang pelabuhan dalam konsep pendulum nusantara yakni Pelabuhan Belawan-Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak-Pelabuhan Makassar.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan konsep pendulum nusantara, yang saat ini memasuki tahap persiapan tetap dijalankan untuk menekan tingginya biaya logistik.

"Biasa kok jika sebuah kebijakan ada yang pro dan kontra, itukan dinamikanya. Selain itu,  keberatan dari berbagai pihak sebagai masukan buat kami jika nantinya diperlukan perbaikan terhadap kebijakan yang dikeluarkan," katanya, Jumat (11/1/2013).

Saat ini, imbuhnya, pemerintah masih membahas penyamaan sistem pelayanan di dua pasang pelabuhan itu dan belum mengarah pada pembahasan soal tarif pelabuhan.

Dua pasang pelabuhan itu yakni Pelabuhan Belawan (Medan)-Tanjung Priok (Jakarta) dan Tanjung Perak (Surabaya) dan Soekarno-Hatta Makassar.

"Sistem pelayanan di pelabuhan akan diseragamkan yakni dua pasang pelabuhan, masih penyamaan sistem, belum pembahasan tarif, kalau ditelnya saya belum tahu, itu Pelindo [operator pelabuhan]," kata Bambang.  (ra)

Sumber : Bisnis Indonesia, 11.01.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar