21 November 2013

[211113.ID.BIZ] Serangan Terhadap Situs Berdomain ac.id dan co.id Meningkat

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring mengungkapkan berdasarkan data cyber attact, serangan terhadap situs Indonesia domain ac.id dan co.id mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.

Tifatul mengungkapkan hingga September 2013 lalu, terdapat 41 juta kali serangan masuk atau meningkat dari tahun sebelumnya, yang mencapai 39,9 juta kali. “Penyerangan sistem Internet ini memang karena beberapa motif. Namun, sebagian besar melakukannya karena motif ekonomi.”

Isu yang ramai diperbincangkan beberapa hari terakhir ini adalah bagaimana intelejen Negara Australia ternyata melakukan penyadapan atau spionase terhadap sejumlah pejabat tinggi Indonesia.

Menurutnya, kabar ini tentu akan meninggalkan negative value terhadap perkembangan kedua negara terkait. “Belum jelasnya informasi dan fakta akan kasus yang cukup menggegerkan ini akan menimbulkan begbagai spekulasi yang harus dihadapi dengan cermat.”

Untuk menghindari terulangnya kejadian yang sama Tifatul mengungkapkan dibutuhkan sebuah kesadaran dan kepedulian dari semua pihak akan ancaman-ancaman yang ada.

Terlebih lagi apabila ancaman yang masuk semakin meluas misalnya menyusupi control elektronik power pesawat yang bisa mengancam banyak jiwa atau berbagai teknis lainnya yang berakibat fatal.

“Pemerintah pasti tetap memberikan yang terbaik, meskipun perkembangan teknologi tidak bisa direm atau dibatasi seperti apa yang kita inginkan.”

Rencananya, Kemkominfo besok (21/11) akan memanggil seluruh operator telekomunikasi seluler yang ada untuk meminta klarifikasi tentang kasus penyadapan  komunikasi para pejabat tinggi Republik Indonesia.

Tifatul mengungkapkan, secara teknikal tentu penyadapan komunikasi tersebut dapat dilakukan melalui operator yang terhubung terhadap media komunikasi yang ada. “Kami berharap operator tetap bersih dan tidak melakukan hal-hal yang tidak diizinkan,” ujarnya.

Sumber : Bisnis Indonesia, 20.11.13.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar